Ini adalah website resmi Desa Gumiwang Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah

Artikel

BUMDES Sumber Rejeki Gumiwang Sejahtera Kembangkan Potensi Perikanan Budidaya Kampung Nila

08 Juni 2023 10:07:17  Administrator  722 Kali Dibaca  BUMDES

Potensi Desa Gumiwang sudah saatnya bidik potensi di desa melalui Bumdes Sumber Rejeki Gumiwang Sejahtera, yang terletak di wilayah yang kaya akan potensi perikanan budidaya Nila, pemerintah Desa mengambil inisiatif untuk meningkatkan kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat melalui pengembangan budidaya perikanan. Dengan tujuan utama untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat dan memperkuat ekonomi desa, pemerintah daerah mengusulkan rencana Aquacultur Government.

Rencana Aquacultur Government ini dirancang untuk memanfaatkan potensi perikanan budidaya Nila di kawasan kolam seluas 1000 kolam dan lahan seluas 60 hektar yang tersedia. Pertama-tama, pemerintah Desa bekerja sama dengan BUMDes untuk menyediakan pelatihan dan pendampingan kepada petani lokal dalam hal teknik budidaya perikanan modern, manajemen kolam, dan teknologi terkini.

Selain itu, pemerintah desa menyadari pentingnya sumber daya manusia yang terampil dalam mengelola kegiatan perikanan budidaya. Oleh karena itu, mereka juga memberikan pelatihan tentang manajemen usaha, administrasi, dan pemasaran kepada anggota BUMDes. Hal ini bertujuan agar mereka dapat mengelola usaha perikanan budidaya secara efisien, mencatat keuangan dengan baik, serta memasarkan produk mereka secara efektif.

Selanjutnya, pemerintah desa juga memberikan bantuan modal untuk memperluas infrastruktur perikanan budidaya. Dana ini digunakan untuk meningkatkan kualitas kolam, memperoleh bibit ikan berkualitas, serta memasang sistem pengolahan air dan aerator untuk meningkatkan kualitas air kolam. Selain itu, pemerintah daerah juga memberikan dukungan teknis dan pemantauan secara berkala untuk memastikan keberhasilan kegiatan budidaya perikanan.

Pemerintah desa juga berperan dalam mempromosikan produk perikanan budidaya Nila dari BUMDes Sumber Rejeki Gumiwang Sejahtera. Mereka membantu dalam mencari pasar potensial, menjalin kerja sama dengan lembaga penjualan ikan, dan mengorganisir pameran atau acara promosi untuk meningkatkan visibilitas produk tersebut.

Dengan adanya program rencana pengembagan Aquacultur Government ini, BUMDes Sumber Rejeki Gumiwang menyusun strategi peningkatan kinerja yang signifikan. Pendapatan masyarakat meningkat, tingkat pengangguran berkurang, dan ekonomi desa menjadi lebih kuat. Selain itu, melalui kegiatan ini, masyarakat juga sadar akan pentingnya pengelolaan lingkungan dan keberlanjutan sumber daya perikanan, sehingga mereka terlibat dalam praktik budidaya yang ramah lingkungan.

Pemerintah Desa terus mendukung BUMDes Sumber Rejeki Gumiwang Sejahtera dalam menjaga dan meningkatkan keberlanjutan kegiatan budidaya perikanan. Melalui sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat lokal, desa tersebut berhasil menjadi pusat perikanan Budidaya yang memanfaatkan potensi dengan bekerja sama dengan berbagi unsur, baik dari universitas, pengusaha dan juga pelaku perikanan dan praktisi perikanan

<button class="flex ml-auto gap-2 rounded-md p-1 hover:bg-gray-100 hover:text-gray-700 dark:text-gray-400 dark:hover:bg-gray-700 dark:hover:text-gray-200 disabled:dark:hover:text-gray-400"></button>
 
 
<button class="cursor-pointer absolute right-6 bottom-[124px] md:bottom-[120px] z-10 rounded-full border border-gray-200 bg-gray-50 text-gray-600 dark:border-white/10 dark:bg-white/10 dark:text-gray-200"></button>
<form class="stretch mx-2 flex flex-row gap-3 last:mb-2 md:mx-4 md:last:mb-6 lg:mx-auto lg:max-w-2xl xl:max-w-3xl"> </form>

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


 Peta Desa

 Aparatur Desa

 Sinergi Program

Pemda Banjarnegara Durenmas Capil Banjarnegara

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:883
    Kemarin:687
    Total Pengunjung:354.954
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.142.143
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel